Wednesday, September 7, 2016

Media Online sebagai Edukasi Digital

Dalam perkembangan internet maka fenomena bisnis online bermunculan, baik bisnis dengan ide yang original, maupun bisnis yang mengikuti jejak kesuksesan bisnis yang sudah ada. Dalam dunia transportasi, kesuksesan go-jek membawa grab berani berinvestasi sangat besar dan memicu ojek-ojek online skala kecil lainnya unjuk gigi. Dalam dunia travelling, pemesanan tiket secara online menjamur, ada di mana-mana. Dalam dunia pendidikan, internet menjadi peluang usaha baik sebagai wadah "guru panggilan online", "e-book online", " video pembelajaran online", maupun "jual DVD pelajaran".

Website-website penyedia edukasi secara digital menawarkan konsep yang hampir mirip, sehingga persaingannya benar-benar ketat sehingga memunculkan inovasi agar tetap bertahan kuat. Zenius sebagai pemimpin pasar video belajar online ternyata memiliki pesaing serius bernama Quipper yang rela menggelontorkan milyaran Rupiah untuk sekedar promosi digital. Namun web-web lain berusaha mengintai kesuksesan Zenius.

Di pemimpin pasar ada Zenius yang sudah cukup dikenal para siswa terutama yang sedang mempersiapkan ujian akhir, dan ujian masuk universitas.
Lalu ada Quipper yang memimpin dalam hal "penggelontoran uang" untuk promosinya.
Dari sisi isi Zenius dan Quipper cukup dalam membahas materi sekolah, dan isi videonya pun sebenarnya tidak jauh berbeda.

Di sisi lain kita akan bisa melihat web-web yang berisi tidak hanya video, namun juga artikel yang unik dan informasi penting dunia pendidikan sepert inibudi dan berani, namun mereka tidaklah ganas dalam hal mempromosikan diri, dan lebih viral dari mulut ke mulut. Dari segi isi tidaklah terlalu istimewa walaupun bisa dikatakan isinya bagus.

Dari segi konten yang "berbeda" ada pesaing serius bernama primaindisoft. Dengan websitenya bernama primaindisoft.com, mereka menawarkan materi belajar secara multimedia kepada para guru yang membutuhkan materi mengajar sehingga murid dapat belajar dengan mudah dan cepat memahami pelajaran. Dari sisi murid sendiri, video pembelajaran di primaindisoft sendiri sangatlah unik karena murid dapat menonton video pembelajaran seolah-olah sedang bermain.

Hal paling menarik dari primaindisoft adalah harga untuk menjadi premium member yang murah. Walaupun banyak sekali video di sana yang gratis, tetapi ada beberapa video yang membutuhkan fasilitas premium member. Harga premium membernya sangatlah murah, hanya 99 ribu rupiah. Jauh lebih murah daripada Zenius maupun Quipper yang mematok harga 500 sampai 1 juta Rupiah.

Kitapun bisa menemukan sukawu dan ruangguru sebagai media guru privat untuk mempromosikan diri, namun ternyata guru-guru di sana mengambil banyak materi dari primaindisoft.

No comments:

Post a Comment